Menu

Jenis-Jenis Pomade dan Fungsinya

0 Comments


Bicara tentang gaya rambut pria kekinian maka kita juga akan membahas masalah minyak rambut kekinian, sobat tau apa itu? Yupz, pomade. Kebanyakan orang hanya mengerti bahwa semua jenis pomade itu sama, padahal tidak, sekalipun fungsi utamanya sama yaitu untuk menata rambut, tapi ternyata pomade memiliki karekteristik yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya yang berbeda pula. Pemilihan pomade yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil yang di dapatkan. Karena pemakaian yang salah apalagi tidak baca teknis penggunaannya justru bukan membuat model gaya rambut sobat makin apik tapi justru akan merusak rambut sobat sendiri.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui Jenis-Jenis Pomade yang beredar saat ini agar bisa memilih mana yang pas untuk kita gunakan.

Pomade secara umum dibagi menjadi tiga berdasarkan bahan dasarnya ada yang berbahan dasar air, minyak juga berbahan dasar clay.

Nah yang perlu sobat pertimbangkan ketika memilih Jenis-Jenis Pomade adalah tiga hal berikut :

  • Tekstur

Ini sangat perlu sobat pertimbangkan, teksture pomade apa yang sobat perlukan, tekstur kasar dan keras, atau tekstur lembut dan halus.

  • Shine

Ini adalah skala seberapa mengkilapnya Jenis-Jenis Pomade yang akan sobat gunakan, seberapa ingin terlihat klimis mrngkilat.

  • Hold

Adalah memulih jenis – jenis pomade berdasar tingkat daya kekuatan dan ketahanan pomade, seberapa lama dan awetnya pomade yang sobat pilih.

Nah setelah sobat mengetahui ketiga unsur utama yang di peroleh dari Jenis-Jenis Pomade, sobat juga patut mempertimbangkan

Jenis-Jenis Pomade

yang sesuai dengan jenis rambut sobat. Nah, sekarang yuk kita simak klasifikasi jenis – jenis pomade yang ada di pasaran berikut detail fungsi tiap jenisnya , simak ya sobat ! :

  • Light pomade

Diantara jenis – jenis pomade adalah light pomade, jenis ini memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga mudah di ratakan di seluruh rambut. Jenis ligt pomade mempunyai tingkat mengkilap yang paling tinggi dibanding jenis – jenis pomade yang lain, jadi sangat cocok bagi sobat yang terbiasa tampil rapi klimis  dan mengkilat. Tapi tingkat hold pomade jenis ini adalah yang paling rendah di antara jenis – jenis pomade yang lain, jadi daya tahan nya sebentar tapi sangat mudah dibersihkan menggunakan air, jadi pomade jenis ini lebih cocok dipakai oleh mereka yang beraktivitas di dalam ruangan.

  • Medium pomade

Ini adalah jenis tengah – tengah di antara jenis – jenis pomade yang lain, tekstur jenis ini lembut tapi lumayan lebih padat dibanding jenis pertama, sehingga terasa agak berat ketika hendak di ratakan pada rambut, tapi tidak sampai membuat sobat sampai harus sedikit lebih keras menekan dan menjambak rambut sobat ketika menatanya. Untuk tingkat shine, ini juga tengah – tengah, mengkilap tapi tingkatnya sedang tak sama seperti tingkat shine jenis pomade pertama. Nah kalau hold nya jenis ini juga berlevel sedang, artinya memiliki daya tahan kuat dan awet melebihi yang pertama tapi tidak seunggul jenis yang ke tiga.

  • Heavy pomade

Heavy pomade merupakan Jenis-Jenis Pomade yang memiliki tingkat hold maksimal, sangat kuat daya tahan nya, sehingga cocok untuk rambut ikal atau keriting, pomade jenis ini lebih cocok di pakai untuk pria yang beraktivitas di luar ruangan. Tekstur nya keras, dan untuk shine nya ini rendah, hanya bersifat natural saja.

Nah sobat sudah paham kan Jenis-Jenis Pomade yang ada? Semoga bermanfaat !

Baca Juga :  Perbedaan pomade light, medium dan heavy
Tags: , ,